MUQODDIMAH
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bismillahirrohmanirrohim, Alhamdulillahi robbil alamiin wa bihi nasta’in wa ala
umurid dunya waddin, was sholaatu was salaamu ‘ala Sayyidina Muhammadin
wa ala alihi wa Shohbihi ajma’in, Amma ba’du :
Saudara saudari se islam dan se iman, catatan atau artikel ini adalah bentuk
prihatin kami sekaligus jawaban yg jauh lebih ilmiyah tentang berbagai hujatan
terhadap Hujjatul Islam Imam Al-Ghozali beserta karya monumentalnya yaitu
Kitab Ihya’ Ulumiddin yang sudah banyak di sebar di blog website/situs-situs
internet oleh segelintir aliran sempalan (baca salafy wahabi).
Bahkan sudah ada yg membentuk E-book, selengkapnya bisa anda lihat di sini
salah satunya : http://ibnumajjah.wordpress.com/2010/01/03/kitab-ihyaulumuddin-dalam-pandangan-ulama/ Dan di sini : http://cafeislamicculture.blogspot.com/2011/07/kupas-tuntas-kitab-ihyaulumuddin.html?showComment=1353676582014
Sebelum membaca langsung kitab Ihya' Ulumuddin ini ingin kami nasihatkan
kepada siapa yang ingin membenci dengan kitab Ihya ‘Ulumuddin itu supaya
jangan meneruskan usaha anda itu. Jangan termakan hasutan yang membenci
ilmu tasawwuf dan kitab Ihya tersebut, Kepada yang sudah khatam, pasti kita
dapat melihat betapa unggulnya kitab masterpiece Imam Al-Ghazali tersebut.
Jangan takut untuk membacanya.
BIOGRAFI HUJJATUL ISLAM IMAM AL-GHOZALY
Imam Ghazali telah sampai ke derajat Hujjatul Islam, sedangkan Hujjatul Islam
berarti telah hafal 300.000 (tiga ratus ribu) hadits berikut sanad dan hukum
matannya.
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Muhammad Abu Hamid Al Ghazaly
At-Thuusiy Rahimahullah.
Berikut kami kutipkan dari kitab Al Bidayah wan Nihayah juz XVI halaman 214
، ﻦﯿﻣﺮﺤﻟا مﺎﻣإ ﻰﻠﻋ ﮫﻘﻔﺗو ﺔﺋﺎﻤﻌﺑرأو ﻦﯿﺴﻤﺧ ﺔﻨﺳ ﺪﻟو ﻲﻟاﺰﻐﻟا ﺪﻣﺎﺣ ﻮﺑأ ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣ
ﺎﻣ ﻞﻛ ﻲﻓ ﻢﻟﺎﻌﻟا ءﺎﯿﻛذأ ﻦﻣ نﺎﻜﻓ ، ةدﺪﻌﺘﻣ نﻮﻨﻓ ﻲﻓ ةﺮﺸﺘﻨﻣ تﺎﻔﻨﺼﻣ ﮫﻟو ، ةﺮﯿﺜﻛ مﻮﻠﻋ ﻲﻓ عﺮﺑو
رأ ﮫﻟو ﻦﯿﻧﺎﻤﺛو ﻊﺑرأ ﺔﻨﺳ ﻲﻓ داﺪﻐﺒﺑ ﺔﯿﻣﺎﻈﻨﻟﺎﺑ سرد ﮫﻧإ ﻰﺘﺣ ﮫﺘﺒﯿﺒﺷ ﻲﻓ دﺎﺳو ، ﮫﯿﻓ ﻢﻠﻜﺘﯾ ﻊﺑ
ﻞﯿﻘﻋ ﻦﺑا هﺪﻨﻋ ﺮﻀﺣ ﻦﻤﻣ نﺎﻛو ، ءﺎﻤﻠﻌﻟا سوءر هﺪﻨﻋ ﺮﻀﺤﻓ ، ﺔﻨﺳ نﻮﺛﻼﺛو
ﮫﻋﻼطاو ﮫﺘﺣﺎﺼﻓ ﻦﻣ اﻮﺒﺠﻌﺘﻓ ، ﺔﻠﺑﺎﻨﺤﻟا سوءر ﻦﻣ بﺎﻄﺨﻟا ﻮﺑأو .
ﮫﺑﺎﺘﻛ ةﺪﻤﻟا هﺬھ ﻲﻓ ﻒﻨﺻو ، ةﺪﻣ سﺪﻘﻤﻟا ﺖﯿﺑو ﻖﺸﻣﺪﺑ ﺎﮭﺑ مﺎﻗﺄﻓ مﺎﺸﻟا ﻰﻟإ ﻞﺣرو " مﻮﻠﻋ ءﺎﯿﺣإ
ﻦﯾﺪﻟا " ﻛ مﻮﻠﻋ ﻰﻠﻋ ﻞﻤﺘﺸﯾو ، ﺐﯿﺠﻋ بﺎﺘﻛ ﻮھو ﻦﻣ ﺔﻔﯿﻄﻟ ءﺎﯿﺷﺄﺑ جوﺰﻤﻣو ، تﺎﯿﻋﺮﺸﻟا ﻦﻣ ةﺮﯿﺜ
ﺎﻤﻛ ، عﻮﺿﻮﻣ ﻮھ ﺎﻣ ﺎﮭﻨﻣو ، تاﺮﻜﻨﻣو ﺐﺋاﺮﻏ ةﺮﯿﺜﻛ ﺚﯾدﺎﺣأ ﮫﯿﻓ ﻦﻜﻟ ، بﻮﻠﻘﻟا لﺎﻤﻋأو فﻮﺼﺘﻟا
ﺐﺘﻛ ﻦﻣ هﺮﯿﻏ ﻲﻓ ﺪﺟﻮﯾ ﺎﻤﻛ ، ماﺮﺤﻟاو لﻼﺤﻟا ﻰﻠﻋ ﺎﮭﺑ لﺪﺘﺴﯾ ﻲﺘﻟا عوﺮﻔﻟا ﺐﺘﻛ ﻦﻣ هﺮﯿﻏ ﻲﻓ ﺪﺟﻮﯾ
ﺎﻓ ماﺮﺤﻟاو لﻼﺤﻟا ﻰﻠﻋ ﺎﮭﺑ لﺪﺘﺴﯾ ﻲﺘﻟا عوﺮﻔﻟا ﻞﮭﺳأ ﺐﯿھﺮﺘﻟاو ﺐﯿﻏﺮﺘﻟاو ﻖﺋﺎﻗﺮﻠﻟ عﻮﺿﻮﻤﻟا بﺎﺘﻜﻟ
، هﺮﯿﻏ ﻦﻣ اﺮﻣأ ﺎﮭﯿﻓ سﺮﻏو ،ﺔﻨﺴﺣ اراد ﺬﺨﺗاو ﺎطﺎﺑر ﻰﻨﺘﺑاو ،ﺎﮭﺑ مﺎﻗﺄﻓ سﻮط هﺪﻠﺑ ﻰﻟإ دﺎﻋ ﻢﺛ
حﺎﺤﺼﻟا ﺚﯾدﺎﺣﻻا ﻆﻔﺣو نآﺮﻘﻟا ةوﻼﺗ ﻰﻠﻋ ﻞﺒﻗأو ،ﺎﻘﯿﻧأ ﺎﻧﺎﺘﺴﺑ. ﻊﺑاﺮﻟا ﻦﯿﻨﺛﻻا مﻮﯾ ﻲﻓ ﮫﺗﺎﻓو ﺖﻧﺎﻛو
ﺔﻨﺴﻟا هﺬھ ﻦﻣ ةﺮﺧﻵا ىدﺎﻤﺟ ﻦﻣ ﺮﺸﻋ ﮫﺑﺎﺤﺻأ ﺾﻌﺑ ﮫﻟﺄﺳ ﺪﻗو ،ﻰﻟﺎﻌﺗ ﷲ ﮫﻤﺣر سﻮﻄﺑ ﻦﻓدو ،
لﺎﻘﻓ قﺎﯿﺴﻟا ﻲﻓ ﻮھو : لﺎﻘﻓ ،ﻲﻨﺻوأ : ﻚﯿﻠﻋ
ﷲ ﮫﻤﺣر تﺎﻣ ﻰﺘﺣ ﺎھرﺮﻜﯾ لﺰﯾ ﻢﻟو ،صﻼﺧﻻﺎﺑ.
Muhammad bin Muhammad Abu Hamid Al-Ghozali, Beliau lahir pada tahun 450
H. Beliau mempelajari ilmu fiqih kepada Imam Haramain. Beliau mahir dengan
banyak ilmu. Beliau mempunyai banyak karangan dari berbagai disiplin ilmu.
Maka beliau termasuk salah seorang cendekiawan dunia disetiap apa yang
dibahas. Beliau sudah menjadi pemimpin sejak usia muda, dimana beliau
mengajar di An-Nidhamiyyah di Baghdad dalam usia beliau 34 tahun, dan
dihadiri pembesar-pembesar ulama. Diantara yang hadir ialah Ibn Aqil dan Abul
Khaththab yang mana keduanya adalah pembesar madzhab Hanbali. Mereka
takjub dengan kefasihan dan pengetahuan beliau. Beliau pindah ke Syam, dan
beliau mukim disana. Dan (beliau juga mukim) di Baitul Maqdis dalam satu
masa. Beliau mengarang kitabnya Ihya’ Ulumiddin dalam masa ini. Ihya adalah
sebuah kitab yang mengagumkan. Kitab tersebut memuat ilmu syara’ yang
bermacam-macam, dicampur dengan hal-hal yang lembut dari tasawwuf dan
amaliyah hati, akan tetapi didalam Ihya terhadapat banyak hadits yang gharib,
munkar bahkan diantaranya ada yang maudhu’ sebagaimana ditemukan didalam
kitab lainnya dari kitab-kitab Furu’ yang mana hadits-hadits tersebut dijadikan
sebagai dalil untuk halal dan haram. Kitab yang dikarang untuk RAQAA`IQ
(menghaluskan hati), TARGHIB (menyemangatkan) dan TARHIB (menjadikan
takut) adalah perkara yang lebih dipermudah dari yang lainnya. Kemudian beliau
pulang ke negaranya, Thus. Dan beliau mukim disana. Beliau membangun
ribath. Beliau membuat rumah yang bagus. Beliau disana membikin taman yang
indah, Beliau menetapi/menekuni tilawatil Quran dan menghafal hadits-hadits
shahih.
Dan Beliau wafat pada hari Senin tanggal 24 Hijriyah bulan Jumadil akhir tahun
ini (505 H). Beliau dimakamkan di Thus, semoga Allah Ta’ala merahmati beliau
Sebagian kawan beliau memintanya, dalam keadaan beliau masih naza’, dia
berkata: Wasiatilah aku, maka beliau berkata: Tetaplah kamu dengan ikhlas,
kalimat tersebut beliau ulang-ulang sampai beliau wafat, Semoga Allah
merahmatinya.
SEKELUMIT PUJIAN KIBARUL ULAMA’ KEPADA
IMAM AL-GHOZALY
Al Hafizh Adz Dzahabi (673-748 H) dalam kitabnya Siyar A'lam an Nubala juz
XIX halaman 232, memulai biografi Imam Ghazali dengan ucapan beliau :
- ﻮﺑأ ﻦﯾﺪﻟا ﻦﯾز ،نﺎﻣﺰﻟا ﺔﺑﻮﺠﻋأ ،مﻼﺳﻻا ﺔﺠﺣ ،ﺮﺤﺒﻟا مﺎﻣﻻا ﺦﯿﺸﻟا ﻲﻟاﺰﻐﻟا
طﺮﻔﻤﻟا ءﺎﻛﺬﻟاو ،ﻒﯿﻧﺎﺼﺘﻟا ﺐﺣﺎﺻ ،ﻲﻟاﺰﻐﻟا ،ﻲﻌﻓﺎﺸﻟا ،ﻲﺳﻮﻄﻟا ﺪﻤﺣأ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣ ﺪﻣﺎﺣ
“Al-Ghazali, Syaikh, Imam, Lautan, Hujjatul Islam, keajaiban zaman, Zainuddin
Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad, At-thusi,
Asy-syafi'i, al Ghazali, orang yang mempunyai banyak karangan dan orang yang
sangat cerdas”
Hujjatul Islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghozali Qoddasallohu
Sirroh, beliau adalah seorang tokoh ilmuwan yang melaut, dan pemuka hati yang
gemilang yang Tak pernah di dapatkan baik di kalangan Syafi'iyyah ataupun
lainnya di akhir zaman ini, yang seperti beliau dan seperti kitab kitab karangan
beliau. Dialah keindahan zamannya yang besar kadarnya selaku pensyarah
kitabullah dari sunnah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam.
Beliau diakui oleh banyak sekali para Hujjatul Islam lainnya, diantaranya Hujjatul
Islam Al Imam Ibn Hajar Al Astqalany, beliau banyak sekali mengambil ucapan
Imam Ghazali pada kitabnya Fathul Bari beliau banyak merujuk fatwa Imam
Ghazali dari kitabnya Ihya Ulumuddin, demikian pula Hujjatul Islam Imam
Nawawi, demikian pula Al Hafizh Imam Qurtubiy, Al Hafizh Imam Assuyuthiy, (Al
Hafizh adalah gelar bagi mereka yg telah hafal 100.000 (seratus ribu hadits)
berikut sanad dan hukum matannya.
نأﺮﻘﻟا نﻮﻜﯾ نا ءﺎﯿﺣﻻا دﺎﻛ يوﻮﻨﻟا لﺎﻗ ~ ج ءﺎﯿﺣإ ﺶﻣﺎھ 1 ص 17
Hampir saja posisi Ihyâ’ menandingi al-Qur’an”. Sanjungan tersebut disampaikan
oleh tokoh karismatik `Ulamâ’ul-islâm al-Imâm al-Faqîh al-Hâfizh Abû Zakariya
Muhyiddîn an-Nawawi atau lebih dikenal dengan sebutan Imâm Nawawi
Shâhibul-majmû`, yang hidup dua abad pasca Imâm Ghâzali.
Quthbil-’auliyâ’ as-Sayyid Abdullâh al-`Aydrus berpesan kepada segenap umat
Islam untuk selalu berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunnah. Sedangkan
penjelasan keduanya, menurut beliau, telah termuat dalam kitab Ihyâ’ Ulûmiddîn
karya Imâm Ghâzali.
Dua komentar ulama tadi telah membuktikan keagungan kitab ini dan besarnya
anugerah yang diraih oleh Imâm Ghâzali. Sampai-sampai kritikus dan peneliti
Hadits Ihyâ’, al-Imâm al-Faqîh al-Hâfîzh Abûl Fadhl al-`Irâqi, turut memberikan
apreseasi positif terhadap kitab yang ditakhrijnya itu. Beliau menempatkan Ihyâ’
sebagai salah satu kitab teragung di tengah-tengah khazanah keilmuan Islam
yang lain.
Sungguh agung sanjungan ulama-ulama tersebut terhadap kitab Ihyâ’ dan alGhâzali. Karenanya, tidak berlebihan bila Syârih (komentator) kitab tersebut,
Murtadhâ az-Zabîdi, memunculkan sebuah image “andaikan masih ada nabi
setelah Nabi Muhammad niscaya al-Ghâzali orangnya.
Imâm Ghâzali telah mengkonsep materi yang ditulisnya dalam empat klasifikasi
kajian pokok. Dari masing-masing klasifikasi tersebut terdapat sepuluh pokok
sub pembahasan utama (kitab). Secara global, isi keseluruhan kitabnya telah
mencakup tiga sendi utama pengetahuan Islam, yakni Syarî`at, Tharîqat, dan
Haqîqat. Imâm Ghâzali juga telah mengkoneksikan ketiganya dengan praktis dan
mudah ditangkap oleh nalar pembaca. Sehingga, as-Sayyid Abdullâh al-`Aydrus
memberikan sebuah kesimpulan bahwa dengan memahami kitab Ihyâ’
seseorang telah cukup untuk meraih tiga sendi agama Islam tersebut.
Telah berkata Sayyid Bakri dalam Kifayatul Atqiyaa waminhajul Asyfiyaa
halaman 98 :
ﺎﺿ ﻻا ءﺎﯿﺣﻻا ﻲﻓ ﻦﻌﻄﯾ ﻻو ﻲﻓ ﺎﻤﺑ ﻻا ءﺎﯿﺣﻷا اﻮﺻوأ ﺎﻤﻟ تاﻮﻣﻷا ﷲ ﺚﻌﺑ ﻮﻟ ﷲو ﻦﯿﻓرﺎﻌﻟا ﺾﻌﺑ لﺎﻗ ﻞﺑ ﻞﻀﻣ ل
ﺔﺛﻼﺜﻟا قﺮﻔﻠﻟ ﺢﻠﺼﯾ ﺎﻣ ﮫﯿﻓ رﻮﻛﺬﻣ ﮫﻧﻻ ﻂﺳﻮﺘﻟاو ءﺎﮭﺘﻧﻻاو ئاﺪﺘﺑﻻا ﻞھﻻ عﺎﻔﺘﻧا ﮫﯿﻓو ءﺎﯿﺣﻻا.
“Dan tidak ada yang membantah Ihya’ Ulumiddin itu melainkan orang yang sesat
lagi menyesatkan, bahkan berkata sebagian arifin; "Demi Allah, jika sekiranya
Allah bangkitkan orang mati niscaya tidaklah mereka berpesan terhadap mereka
yang hidup, melainkan dengan apa yang ada dalam kitab Ihya’ Ulumiddin, dan di
dalamnya ada manfa'at pelajar pemula, tinggi, dan tawassuth (sedang/tengah2)
karna di dalamnya disebutkan perkara yang patut untuk tiga golongan tersebut”
ﺪﻘﻓ ﮫﯿﻓ ﺎﻤﺑ ﻞﻤﻋو ﮫﻌﻟﺎطو ﺐﺣا ﻦﻤﻓ ﷲﺎﺿر ﻊﺿﻮﻣو ﷲ ﺮﻈﻧ ﻊﺿﻮﻣ ﻮﮭﻓ ﻦﯾﺪﻟا مﻮﻠﻋ ءﺎﯿﺣا ﺔﻣزﻼﻤﺑ ﻢﻜﯿﻠﻋ
ﺎﯿﻧﺪﻟا ﻲﻓ ﺔﻘﯿﻘﺤﻟاو ﺔﻘﯾﺮﻄﻟاو ﺔﻌﯾﺮﺸﻟا ﻦﯿﺑ ﻊﻤﺟو ﮫﺋﺎﯿﻟوأو هءﺎﯿﺒﻧأو ﮫﺘﻜﺋﻼﻣو ﮫﻟﻮﺳر ﺔﺒﺤﻣو ﷲ ﺔﺒﺤﻣ ﺐﺟﻮﺘﺳا
تﻮﻜﻠﻤﻟاو ﻚﻠﻤﻟا ﻲﻓ ﺎﻤﻟﺎﻋ رﺎﺻو ةﺮﺧﻵاو
“Tetaplah kalian dengan melazimkan Kitab Ihya’ Ulumuddin, karna dia itu tempat
“pandangan” Allah dan keridloan-Nya. maka barangsiapa yang mencintainya dan
menelaahnya serta mengamalkan apa yang terdapat di dalamnya, maka
sesungguhnya Ia telah berhak memperoleh kecintaan Allah dan kecintaan RosulNya, kecintaan malaikat malaikat-Nya, kecintaan para Nabi-Nya, kecintaan para
Wali-Nya, dan berarti Ia telah menjadikan antara Syari'at, Thoriqot, dan Hakikat
di dunia dan Akhirat.dan jadilah Ia orang yang Aalim di alam malakut”
Di samping karena cakupan materi yang tersaji di dalamnya, kitab ini juga
ditopang oleh jurnalistik yang sistematis. Sistematika penulisan yang begitu rapi
menjadikan Ihyâ’ lebih menarik dan mudah dibaca oleh berbagai kalangan;
sederhana, berbobot, dan tidak terlalu meluas dalam penyajian. Lagi pula istilahistilah rumit juga jarang ditemui dalam pembendaharaan kata yang terpakai.
Inilah dibeberapa alasan kenapa kitab ini sangat digemari oleh banyak kalangan.
Oleh fuqaha, Ihya’ dijadikan sebagai rujukan standar dalam bidang fikih. Oleh
para sufi, kitab ini menjadi materi pokok yang tidak boleh ditinggalkan. Kedua
studi ilmu tersebut telah tercover dalam karya momumental Imâm Ghâzali ini.
Sebenarnya, tidak hanya dua kelompok ini yang banyak mereferensi Ihya’, Para
teolog Islam juga menganggap penting untuk menempatkan Ihya’ sebagai bahan
dasar kajian. Paradigma bertauhid yang disajikan Imâm Ghâzali di awal
pembahasan kitab Ihya’ sangat membantu pada pencerahan akal dalam proses
peng Esaan Allah. Imâm Ghâzali mampu mengarahkan logika pembaca pada
sebuah kesimpulan yang benar dalam bertauhid dengan nalar berfikir yang tepat
dan berdiri kokoh di atas dalil-dalil naqli.
KOREKSI ATAS IHYA’ ULUMIDDIN
Meskipun posisi Ihya’ di tengah-tengah keilmuan Islam sangat tinggi, bukan
berarti kitab ini terlepas sepenuhnya dari koreksi dan kritik. Banyak sekali
komentar negatif dan bantahan yang ditujukan kepada Imâm Ghozali atas karya
momumentalnya ini, utamanya dalam studi Hadits yang beliau sajikan.
Hadits-hadits Ihyâ’ ditengarai banyak bermasalah oleh beberapa kritikus Hadits.
Keberadaannya menjadi sorotan utama dan sebagai bahan pokok kritikan para
rival al-Ghozali, semisal al-Hafizh Abul Faraj Abdurrahmân Ibnu al-Jauzi. Ibnul
Jauzi yang dikenal anti Ihya, beliau banyak memvonis palsu pada hadits-hadits
yang ditulis Imâm Ghozali dalam kitab tersebut.
Dinamika inilah yang selanjutnya diangkat kepermukaan oleh kelompok ekstrimis
dan orentalis untuk menolak sepenuhnya isi kitab Ihya’ Ulumiddîn. Lebih-lebih,
kelompok ini tanpa malu-malu menyebut al-Ghozali sebagai pemalsu hadits.
MELURUSKAN IHYA' ULUMUDDIN
Benarkah Imam al-Ghozali pemalsu hadits?
Atau memang beliau tidak membidangi studi ini?
Dan apakah kitab Ihya’ banyak memuat Hadits palsu sehingga tidak layak untuk
dipelajari?
Berikut sebagai bahan pertimbangan ilmiah sebelum pembaca ikut mengiyakan
tuduhan tersebut.
Pertama, apabila dikatakan bahwa kitab Ihya’ banyak memuat Hadits-hadits
palsu dan tidak terdapat landasan ilmiah dalam pembelaannya, maka tuduhan ini
terlalu tergesa-gesa.
Terhitung, hanya tiga redaksi Hadits yang diklaim maudhu` oleh al-Hafizh al-`Iraqi ketika mentakhrij lebih dari empat ribu lima ratus hadis yang ditampilkan
Imâm Ghâzali dalam kitab Ihya’-nya. “Bilangan tersebut sangatlah kecil tutur al-`Irâqi. Lebih-lebih, apabila kita memandang jumlah Hadits yang ditampilkan oleh
Imâm Ghâzali secara keseluruhan. Setidaknya, kuantitas hadits Imam Ghazali
dalam kitab Ihyâ’-nya telah setingkat dengan beberapa kitab sunan, semisal
Sunan Abî Dâwud, Sunan Nasâ’i, dan bahkan dapat dikatakan melebihi bilangan
hadits yang terdapat dalam Sunan Ibnu Mâjah.
Dalam kitab: Ta’riful Ahya’ bi fadhoo’il Ihya’ karya Syaikh 'Abdul Qaadir al
'Aiydarus Ba 'Alawi :
ﺮﻛذ ﺎﻣ ﺮﺜﻛأ نأ ـ ﻲﻗاﺮﻌﻟا ﻆﻓﺎﺤﻟا ﻦﯿـﺒﯿﺠﻤﻟا ﻦﻣو ـ ﻲﻟاﺰﻐﻟا ﻦﻋ ﮫﺑ ﺐﯿﺟأ ﺎﻣ ﻞﺻﺎﺣو ﺎﻤﻛ عﻮﺿﻮﻤﺑ ﺲﯿﻟ ﻲﻟاﺰﻐﻟا ه
ﺔﻐﯿﺻ ﻮﺤﻨﺑ ًﺎﺋﺮﺒﺘﻣ هﺮﯿﻏ ﮫﯿﻓ ﻊﺒﺗ وأ هﺮﯿﻏ ﻦﻋ هاور ﺔﻠﻘﻟا ﺔﯾﺎﻏ ﻲﻓ ﻮھو ﺮﺜﻛﻷا ﺮﯿﻏو ،ﺞﯾﺮﺨﺘﻟا ﻲﻓ ﮫﯿﻠﻋ ﻦھﺮﺑ
» ىور» ﻲﻓ ﮫﺑ ﻞﻤﻌﯾ ﮫﻧأ رﺮﻘﺗ ﺎﻤﻟ ،ﻂﻗﺎﺳ ضاﺮﺘﻋا ﻮﮭﻓ ،ةﺮﺜﻜﺑ ﻒﯿﻌﻀﻟا هﺮﻛذ ﺎﻤﯿﻓ نأ ﮫﯿﻠﻋ ضاﺮﺘﻋﻻا ﺎﻣأو
ﺎﮭﻠﺒﻗ ﻦﻣ ﻮﮭﻓ ﻖﺋﺎﻗﺮﻟا ﻲﻓ ﮫﺑﺎﺘﻛو ،ﻞﺋﺎﻀﻔﻟا ﻒﯿﻌﻀﻟا ﻰﻠﻋ ﻢﮭﺒﺘﻛ لﺎﻤﺘﺷا ﻲﻓ ظﺎﻔﺤﻟا ﺔﻤﺋﻷا ﺔﻤﺋﺄﺑ ةﻮﺳأ ﮫﻟ نﻷو ،
ﻞﺋﺎﻀﻔﻟا ﻻ مﺎﻜﺣﻷا ﺐﺘﻛ ﻲھو ــــ ﻦﯿﻣﺪﻘﺘﻤﻠﻟ ﮫﻘﻔﻟا ﺐﺘﻛ هﺬھو ،ىﺮﺧأ ﮫﻨﻋ تﻮﻜﺴﻤﻟاو ةرﺎﺗ ﮫﻔﻌﺿ ﻰﻠﻋ ﮫﺒﻨﻤﻟا ةﺮﺜﻜﺑ
ﮫﺒﻧو ﻦﯾﺮﺧﺄﺘﻤﻟا ﻲﻓ ﷲ ﮫﻤﺣر يوﻮﻨﻟا ءﺎﺟ ﻰﺘﺣ ،ﺎﮭﯿﻠﻋ ﻦﯿﺘﻛﺎﺳ ﺔﻔﯿﻌﻀﻟا ﺚﯾدﺎﺣﻷا ﺎﮭﯿﻓ نودرﻮﯾ ــــ ﻒﻌﺿ ﻰﻠﻋ
ﻲﻗاﺮﻌﻟا ﮫﻠﻛ ﻚﻟذ ﻰﻟإ رﺎﺷأ ﺎﻤﻛ ،ﮫﻓﻼﺧو ﺚﯾﺪﺤﻟا.
Lebih lanjut, al-`Irâqi juga memberikan sebuah pembelaan bahwa sebagaian dari
Hadits maudhû` tadi disampaikan tanpa memakai shîghat riwayat. Sehingga,
dalam studi methodologi Hadits, Imâm Ghâzali tidak dapat diposisikan sebagai
perawi yang mendapat ancaman dari baginda nabi Muhammad Shollallohu
'Alaihi Wasallam.
Kedua, perlu dipahami bahwa ketiga Hadits tadi bukanlah refensi utama Imâm
Ghâzali, malainkan sekedar tambahan dari dalîl shahîh yang mendasari
ijtihadnya. Imâm Ghâzali selalu mendahulukan landasan ijtihadnya dengan dasar
yang shahîh dari Al-Qur'an sebelum kemudian menampilkan dalil lain yang
selevel atau di bawahnya.
Bahkan Imam Al-Ghozali sendiri pun sudah memberi peringatan kelirunya orang
yang memperbolehkan memalsukan hadits dalam fadlaail a'amaal. Berikut teks
aslinya dalam Ihya’ Ulumiddin juz III halaman 136, cetakan Daar Ihyaa al Kutub
al 'Arabi, 'Iisaa al Baabi al Halabi wa Syirkaah.
Dan sekali lagi, bilangan tersebut sangatlah kecil. Tentu sangat na’if bila bagian
kecil dari kekeliruan (untuk tidak mengatakan kesalahan karena keduanya
memiliki perbedaan makna yang signifikan) tersebut dapat menghapus pada
seluruh kebenaran yang terkandung dalam kitab Ihyâ’. Generalisasi seperti ini
merupakan salah satu bentuk paralogis yang biasa dipakai oleh teroris
intelektual ketika menghantam lawan pemikirannya tanpa memandang esensi
kebenaran lain yang lebih berharga.
Ketiga, apabila dikatakan bahwa Imâm Ghâzali tidak kapabel dalam studi Hadits
maka sangat keliru sekali. Al-Mustashfâ karya al-Ghâzali di bidang Usul Fiqh
cukup kiranya untuk membuktikan kapabilitas beliau dalam bidang kajian Hadits.
Dalam kitab tersebut, tepatnya pada entri pembahasan sunnah, Imâm Ghâzali
telah panjang lebar menuturkan konsep dan perdebatan ulama mengenai
dinamika kajian Hadits, utamanya yang berkenaan dalam proses istinbâtulahkâm. Bahkan, al-Ghâzali juga sempat memberikan tarjih ketika terjadi
perselisihan alot antara ulama, baik itu yang muncul dari kalangan ushûliyyin
atau muhadditsîn.
Keempat, ancaman Rasulullah kepada para pemalsu Hadits hanya tertuju
kepada pemalsu yang sengaja berspekulatif. Hal tersebut terbukti dari tambahan
redaksi `amdan atau muta`ammidan (Sengaja) dalam beberapa riwâyat shahîh
dari kutubis-sittah.
Husnudz-zhan kita, kesengajaan dalam pemalsuan Hadits tidak akan terjadi
pada ulama sekaliber al-Ghâzali. Terlalu rendah intelektualisme al-Ghâzali bila
harus memalsukan Hadits untuk menopang pemikirannya. Imâm Ghâzali sendiri
telah meletakkan sebuah prinsip bahwa pemalsuan Hadits dengan alasan
apapun tidak diperkenankan. Pernyataan tersebut sebagai penangkis terhadap
dugaan bolehnya memalsukan Hadits untuk fadhâ’ilul-a`mâl atau pencegah
tindakan tercela. Menurut al-Ghâzali keberadaan ayat dan Hadits sahih telah
cukup untuk memenuhi tujuan tersebut.
Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa penulisan Hadits palsu dalam literatur
Imâm Ghâzali muncul dari unsur ketidak sengajaan atau keliru. Dalam
pembendaharaan kata arab istilah yang dipakai untuk menyatakan makna ini
adalah kata khatha’ bukan ghalath. Abû Hilâl al-Hasan Abdullâh bin Sahal al-`Askari membedakan antara keduanya dengan menitiktekankan terhadap ada
dan tidaknya unsur kesengajan. Jika memang sengaja maka disebut ghalath dan
khata’ apabila sebaliknya.
Kemudian, kesimpulan ini dihadapkan pada sabda Nabi “rufi`a `an ummati alkhata’“, yakni diantara perbuatan umat Islam yang dimaklumi (dimaafkan) adalah
tindakan yang muncul tanpa adanya unsur kesengajaan (khatha’); bukan yang
memang bertujuan salah (ghalath). Karenanya, tiada dosa bagi tindakan yang
muncul tanpa disengaja. Al-Hâfizh Ibnu Hajar al-`Asqalâni telah mengutip
adanya konsesus ulama akan hal ini, termasuk keliru dalam meriwayatkan
Hadits. Lalu, akankah kita menghukumi al-Ghâzali sebagai pendosa dan
pendusta ?
Kelima, apabila kita bercermin pada takhrîj al-Hafizh al-Irâqi, maka tidak akan
ditemukan lebih dari tiga Hadits yang disepakati kepalsuannya. Namun, berbeda
apabila kita mengacu pada komentar al-Hâfizh Ibnu al-Jauzi. Terdapat sekitar
dua puluh lima Hadits yang diklaim maudhû` olehnya. Ibnul Jauzi memang
dikenal sebagai ulama yang sembrono dalam memfonis palsu sebuah Hadits.
Sikap kontroversi Ibnul Jauzi ini banyak mendapat sorotan kritis dari para
muhadditsîn. Sehingga, banyak klaim yang dilontarkan Ibnul Jauzi justru
mendapat bantahan balik.
Al-Hâfizh al-`Irâqi dan al-Hâfizh Ibnu Hajar al-`Asqalâni memberikan sanggahan
khusus terhadap tuduhan palsu Ibnul Jauzi akan kesahihan beberapa riwayat
Imâm Ahmad. Sedangkan al-Hâfizh Jalâluddîn as-Suyûthi menulis Al-Qaul alHasan fîdz-Dzabbi `anis-Sunnan yang secara umum membantah segenap
tuduhan palsu Ibnul Jauzi terhadap riwayat Imâm Bukhâri, Muslim, Ahmad,
Dâwud, Turmuzi, Nasâ’i, Ibnu Mâjah, Mustadrak al-Hâkim, dan beberapa Hadits
lagi di berbagai literatur yang lain.
Ringkasnya, sebagaimana yang telah disimpulakan oleh as-Syaikh Muhammad
Mahfûzh bin Abdullâh at-Turmûsi, mayoritas Hadits yang diklaim palsu oleh Ibnul
Jauzi dalam beberapa karya kritisnya, semisal Al-Maudhû`at dan Al-`Ilal alMutanâhiyah, adalah hadits shahîh, hasan atau juga dha`îf. Kesimpulan ini
diperkuat dengan adanya pernyataan Ibnu Shalâh bahwa Ibnul Jauzi memang
banyak memvonis palsu terhadap Hadits dha`îf tanpa ada dasar kepalsuan.
Fakta lain berbicara mengejutkan ketika kita menyimak berbagai karya Ibnul
Jauzi; tidak hanya kedua kitab di atas, utamanya di bidang mawâ`izh dan
tasawuf, semisal Bahrud-Dumû` dan Al-Wafâ fî Ahwâlil-Mushtafâ. Kedua kitab ini
banyak memuat Hadits palsu lebih dari isi kitab yang ia kritisi. Sampai-sampai,
Dr. Ibrâhîm Bâjis bin Abdul Majid dan Dr. Mushtafâ Abdul Qadîr `Athâ terkejut
akan kenyataan ini. Sosok Ibnul Jauzi yang terbilang berlebihan dalam kritik
Hadits dan keras menentang cerita-cerita aneh, justru karya-karyanya dipenuhi
oleh kedua hal tersebut. Ibnul Atsir sejarawan abad VII juga menyatakan
keterkejutan serupa dalam Al-Kâmil fî at-Târîkh-nya.
Untuk itu tidak salah apabila al-Imâm al-Hâfizh Ibnu Hajar al-`Asqalâni
memberikan sebuah kritik pedas bahwa “mayoritas riwayat yang termuat dalam
karya-karya Ibnul Jauzi (selain kitab kritik haditsnya) adalah maudhû’. Riwayat
yang perlu dikritisi lebih banyak daripada yang tidak”. Bahkan Ibnul Jauzi tidak
segan untuk mengutip sebuah riwayat dari karya yang pernah dikritisinya, atau
sekedar menukil Hadits-hadits yang telah di vonis palsu dalam kitab AlMaudhû`ât-nya.
Namun, bukan berarti menyerang balik terhadap sebuah kenyataan yang sama
pahitnya. Menyimak fakta ini, kita juga perlu bersikap bijak tanpa
mengesampingkan etika intelektualitas melalui sisi pandang kebenaran yang
lain.
Keenam, mengenai perselisihan dalam status hukum maudhû` yang muncul dari
penilaian Imam Hadits selain Ibnul Jauzi, cukup kiranya diketahui bahwa hal
tersebut masih dalam ranah ijtihâdi yang tidak perlu dielukan. Penilaian
muhaddits dalam studi kritiknya memang cenderung beragam, karena vonis
palsu dalam kritik Hadits hanyalah aplikasi dari sebuah praduga yang tidak
menutup adanya kemungkinan keliru. Lebih-lebih, apabila kritik diarahkan pada
mata rantai periwayatan.
Dan lagi, jumlah yang diperselisihkan itu terbilang sangat sedikit; tidak lebih dari
tiga redaksi Hadits. Diantaranya adalah Hadits yang menyebutkan keutamaan
membaca Fâtihatul-Kitâb dan dua ayat dari surat Ali `Imrân yang diklaim palsu
oleh Imâm Ibnu Hibbân. Di dalam rangkaian sanad Hadits tersebut terdapat AlHaris bin `Amîr yang menurut Ibnu Hibbân sebagai sosok periwayat Hadits
palsu. Namun, tuduhan ini dibantah oleh al-Hâfizh al-`Irâqi. Al-Hâfizh melandasi
bantahannya pada label tsiqqah yang telah diberikan oleh Hammâd bin Zaid,
Ibnu Mu`in, Abû Zar`ah, Abû Hâtim, dan Imam Nasâ’i kepada Al-Haris bin `Amîr.
Wal hasil, sebesar apapun kritikan terhadap Ihyâ’ Ulûmiddîn secara khusus dan
literatur-literatur salaf yang lain secara umum tidak akan mengurangi nilai
kebesaran yang telah diraihnya. Pembuktian secara ilmiyah dan obyektif telah
memberikan bantahan nyata terhadap kritik dan tuduhan yang tidak berdasar itu.
Sejarah juga turut menjadi bukti akan kebesaran mereka.
Dikutip dari beberapa sumber
___________________________________________
TANBIH (TAMBAHAN RIWAYAT SHOHIH)
ﻠﻟا ﺪﺒﻋ ﺦﯿﺸﻟاﺮﻛذ ـ ﻠﻟ ﺔﻤﺣر ﻲﻌﻓﺎﯿﻟا ﺪﻌﺳأ ﻦﺑ ﮫ ـ ﺐﻄﻗ ﺔﻣﻼﻌﻟا ﮫﯿﻘﻔﻟا نأ ﮫﯿﻠﻋ ﮫ
ﮫﺑاﻮﺟ ﺔﻠﻤﺟ ﻦﻣ لﺎﻘﻓ ﻲﻟاﺰﻐﻟا ﻒﯿﻧﺎﺼﺗ ﻦﻋ ﻞﺌﺳ ﻲﻨﻤﯿﻟا ﻢﺛ ﻲﻣﺮﻀﺤﻟا ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﻞﯿﻋﺎﻤﺳإ ﻦﻤﯿﻟا : ﻠﻟا ﺪﺒﻋ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣ ـ ﮫ
ﺒﻧﻷا ﺪﯿﺳ ـ ﺲﯾردإ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣو ﺀﺎﯿ
ﻟا ﺪﯿﺳ ﻲﻟاﺰﻐﻟا ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣ ﻦﺑ ﺪﻤﺤﻣو ﺔﻤﺋﻷا ﺪﯿﺳ ﻲﻌﻓﺎﺸﻟا ﻦﯿﻔﻨﺼﻤ .
Syaikh Abdullah bin As'ad Al-Yafi' Rahmatullah alaih berkata: seorang wali qutub
yaman yg faqih adalah Syekh Isma'il bin Muhammad Al-Hadlromy, kemudian di
tanyakan kpd faqih dari yaman tentang beberapa karya Imam Ghozali, maka di
jawab oleh beliau (Syaikh Isma’il bin Muhammad Al-Hadlromy) : Muhammad bin
Abdullah (Rasulullah) adalah sayyidil anbiya', dan Muhammad bin Idris As-Syafi'I
(Imam Syafi'i) adalah sayyidil a’immah, dan Muhammad bin Muhammad bin
Muhammad Al-Ghozali adalah sayyidil Mushonnifin.
ﺒﻜﻟا مﺎﻣﻹا ﺦﯿﺸﻟا نأ ًﺎﻀﯾأ ﻲﻌﻓﺎﯿﻟا ﺮﻛذو ـ ﮫﯿﻘﻔﻟا ﻢھزﺮﺣ ﻦﺑ ﻲﻠﻋ ﻦﺴﺤﻟا ﺎﺑأ ﺮﯿ
ﺑﺮﻐﻤﻟا رﻮﮭﺸﻤﻟا ـ نﺎﻛو ﻦﯾﺪﻟا مﻮﻠﻋ ﺀﺎﯿﺣإ بﺎﺘﻛ ﻰﻠﻋ رﺎﻜﻧﻹا ﻲﻓ ﻎﻟﺎﺑ نﺎﻛ ﻲ
ﺔﻤﻠﻜﻟا عﻮﻤﺴﻣ ًﺎﻋﺎﻄﻣ ، ﺎﮭﻗاﺮﺣﺈﺑ ﻢھو ﺀﺎﯿﺣﻹا ﺦﺴﻧ ﻦﻣ ﮫﺑ ﺮﻔﻇ ﺎﻣ ﻊﻤﺠﺑ ﺮﻣﺄﻓ
ﺔﻌﻤﺠﻟا مﻮﯾ ﻊﻣﺎﺠﻟا ﻲﻓ
Dan Imam Al-Yafi'i juga mengatakan, bahwasanya Imam besar Abul Hasan Ali
bin Hirzihim, seorang Faqih yang terkenal di Maghribi (maroko) dia dulu sangat
mengingkari kitab Ihya ulumuddin, dan beliau adalah orang yang ditaati dan di
dengar ucapannya. kemudian beliau memerintahkan untuk mengumpulkan
semua yang didapat daripada naskah kitab Ihya dan ingin membakarnya di
masjid jami' pada hari jum'at.
ﺒﻨﻟﺎﺑ ﻮھ اذﺈﻓ ﻊﻣﺎﺠﻟا ﻞﺧد ﮫﻧﺄﻛ ﺔﻌﻤﺠﻟا ﻚﻠﺗ ﺔﻠﯿﻟ ىأﺮﻓ ـ ﺮﻜﺑ ﻮﺑأ ﮫﻌﻣو ﮫﯿﻓ ﻲ
ﻠﻟا ﻲﺿر ﺮﻤﻋو ـ ﺑ ﻢﺋﺎﻗ ﻲﻟاﺰﻐﻟا مﺎﻣﻹاو ﺎﻤﮭﻨﻋ ﮫ ـ ﺒﻨﻟا يﺪﯾ ﻦﯿ ـ ﻲ ؛ ﻲﻟاﺰﻐﻟا لﺎﻗ ﻢھزﺮﺣ ﻦﺑا ﻞﺒﻗأ ﺎﻤﻠﻓ : ﺎﯾ ﻲﻤﺼﺧ اﺬھ
ﻠﻟا لﻮﺳر ـ ﻢﻋز ﺎﻤﻛ ﺮﻣﻷا نﺎﻛ نﺈﻓ ﮫ
ﻠﻟا ﻰﻟإ ﺖﺒﺗ ـ ﮫ ، ﺗاو ﻚﺘﻛﺮﺑ ﻦﻣ ﻲﻟ ﻞﺼﺣ ًﺎﺌﯿﺷ نﺎﻛ نإو ﻲﻟ ﺬﺨﻓ ﻚﺘﻨﺳ عﺎﺒ
ﻲﻤﺼﺧ ﻦﻣ ﻲﻘﺣ ،
Kemudian pada malam jum'atnya beliau bermimpi seakan-akan masuk kedalam
masjid jami', ternyata didalam masjid itu ada Nabi saw. dan bersama Nabi
Sayyidina Abu bakar dan Umar Radhiyallahu anhuma, serta Imam Ghozaly
berdiri di hadapan Nabi saw. ketika Ibnu hirzihim menghadap, Imam ghozali
berkata: ini musuhku Ya Rasulullah, jika perkara yg terjadi sebagaimana yang
dia sangka, maka aku bertaubat kepada Allah, dan jika sesuatu yang aku dapat
itu dari keberkahanmu dan mengikuti sunnahmu, maka ambilkanlah untuku
haqku dari musuhku ini.
ﺒﻨﻟا لوﺎﻧ ﻢﺛ ـ ﺀﺎﯿﺣﻹا بﺎﺘﻛ ﻲ ، ﺒﻨﻟا ﮫﺤﻔﺼﺘﻓ ـ ﻟوأ ﻦﻣ ﺔﻗرو ﺔﻗرو ﻲ ـ هﺮﺧآ ﻰﻟإ ﮫ ، لﺎﻗ ﻢﺛ : ﻠﻟاو ـ ﻦﺴﺣ ﺀﻲﺸﻟ اﺬھ نإ ﮫ ،
ﻟوﺎﻧ ﻢﺛ ـ ﻠﻟا ﻲﺿر ﻖﯾﺪﺼﻟا ﮫ ـ ﮫﻨﻋ ﮫ ، هدﺎﺠﺘﺳﺎﻓ ﮫﯿﻓ ﺮﻈﻨﻓ . لﺎﻗ ﻢﺛ : ﻦﺴﺣ ﺀﻲﺸﻟ ﮫﻧإ ﻖﺤﻟﺎﺑ ﻚﺜﻌﺑ يﺬﻟاو ﻢﻌﻧ ، ﺛ ﻟوﺎﻧ ﻢ ـ ﮫ
ﻠﻟا ﻲﺿر ﺮﻤﻋ قورﺎﻔﻟا ـ ﮫﻨﻋ ﮫ ، ﻖﯾﺪﺼﻟا لﺎﻗ ﺎﻤﻛ ﮫﯿﻠﻋ ﻰﻨﺛأو ﮫﯿﻓ ﺮﻈﻨﻓ ،
Kemudian diberikan kepada Nabi kitab Ihya, lalu Nabi membukanya selembar
demi selembar dari awal kitab hingga akhir, kemudian Nabi bersabda: demi Allah
sesungguhnya ini sesuatu (kitab) yang bagus, kemudian diberikan kepada AshShiddiq ra. Maka beliau melihatnya dan menganggap baik kitab tersebut,
kemudian beliau berkata: Benar, Demi Dzat yang mengutusmu dengan haq,
sesungguhnya ini sesuatu (kitab) yang baik, kemudian diberikan kepada
Sayyidina Umar ra. dan beliau melihat isi kitab itu, dan beliaupun memuji kitab itu
sebagaimana yang dikatakan oleh Ash-Shiddiq.
ﺒﻨﻟا ﺮﻣﺄﻓ ـ يﺮﺘﻔﻤﻟا ﺪﺣ ﺪﺤﯾو بﺮﻀﯾ نأو ﺺﯿﻤﻘﻟا ﻦﻋ ﻢھزﺮﺣ ﻦﺑ ﻲﻠﻋ ﮫﯿﻘﻔﻟا ﺪﯾﺮﺠﺘﺑ ﻲ ، بﺮﺿو دﺮﺠﻓ . بﺮﺿ ﺎﻤﻠﻓ
ﻲﺿر ﻖﯾﺪﺼﻟا ﮫﯿﻓ ﻊﻔﺸﺗ طاﻮﺳأ ﺔﺴﻤﺧ لﺎﻗو ﮫﻨﻋ ﮫﻠﻟا : ﻲﻓ ﺄﻄﺧﺄﻓ ﻚﺘﻨﺳ فﻼﺧ ﮫﯿﻓ ﻦﻇ ﮫﻠﻌﻟ ﮫﻠﻟا لﻮﺳر ﺎﯾ ﮫﻨﻇ ،
ﻖﯾﺪﺼﻟا ﺔﻋﺎﻔﺷ ﻞﺒﻗو ﻲﻟاﺰﻐﻟا مﺎﻣﻹا ﻲﺿﺮﻓ ،
Maka Nabi memerintahkan untuk mencabuk faqih Ali Ibnu hirzihim di atas gamis,
dan dicambuk serta di had dengan hadnya pembuat kebohongan, Lalu beliaupun
di cambuk dan dipukul. ketika telah dicambuk lima kali, Sayidina Abu bakar
memintakan ma'af untuknya, dan beliau berkata: Ya Rasulullah, mungkin dia
menyangka apa yang ada didalam kitab Ihya menyalahi sunnahmu, kemudian
dia salah didalam sangkaannya, dan Imam ghozali menerima, maka Rasulullah
pun menerima permintaan maafnya Ash-Shiddiq.
هﺮﮭﻇ ﻲﻓ طﺎﯿﺴﻟا ﺮﺛأو ﻢھزﺮﺣ ﻦﺑا ﻆﻘﯿﺘﺳا ﻢﺛ ، ﮫﻠﻟا ﻰﻟإ بﺎﺗو ﮫﺑﺎﺤﺻأ ﻢﻠﻋأو
ﺮﻔﻐﺘﺳاو ﻲﻟاﺰﻐﻟا مﺎﻣﻹا ﻰﻠﻋ هرﺎﻜﻧإ ﻦﻋ ، ﺮﺛأ ﻦﻣ ًﺎﻤﻟﺄﺘﻣ ﺔﻠﯾﻮﻃ ةﺪﻣ ﻲﻘﺑ ﮫﻨﻜﻟو
ﻰﻟﺎﻌﺗ ﮫﻠﻟا ﻰﻟإ عﺮﻀﺘﯾ ﻮھو طﺎﯿﺴﻟا ﮫﻠﻟا لﻮﺳﺮﺑ ﻊﻔﺸﺘﯾو ، ىأر نأ ﻰﻟإ
ﺒﻨﻟا ـ ﺑ ﺢﺴﻣو ﮫﯿﻠﻋ ﻞﺧد ﻲ ـ ﮫﻠﻟا نذﺈﺑ ﻲﻔﺷو ﻲﻓﻮﻌﻓ هﺮﮭﻇ ﻰﻠﻋ ﺔﻤﯾﺮﻜﻟا هﺪﯿ
ﻰﻟﺎﻌﺗ ، ﮫﻠﻟﺎﺑ ﺔﻓﺮﻌﻤﻟا لﺎﻧو ﮫﯿﻠﻋ ﮫﻠﻟا ﺢﺘﻔﻓ ﻦﯾﺪﻟا مﻮﻠﻋ ﺀﺎﯿﺣإ ﺔﻌﻟﺎﻄﻣ مزﻻ ﻢﺛ ،
ﻰﻟﺎﻌﺗ ﮫﻠﻟا ﮫﻤﺣر ﺮھﺎﻈﻟاو ﻦﻃﺎﺒﻟا ﻢﻠﻌﻟا ﻞھأ ﺦﯾﺎﺸﻤﻟا ﺮﺑﺎﻛأ ﻦﻣ رﺎﺻو.
Kemudian Bangunlah Ibnu hirzihim sedang bekas cambukan masih ada
dipunggungnya, lalu beliau memberitahukan teman-temannya (mengenai mimpi
tsb) dan bertaubat kepada Allah atas pengingkarannya kepada Imam Ghozali
dan beristighfar, akan tetapi masih tersisah rasa sakit cambuk tersebut dalam
waktu yang lama, dan dia terus memohon kepada Allah dan meminta syafa'at
kepada Rasulullah, hingga beliau bermimpi Nabi, dan mengusap punggung Ibnu
hirzihim dengan tangan beliau yang mulia, kemudian beliau sembuh dengan izin
Allah, kemudian beliau selalu melazimkan mempelajari kitab Ihya ulumuddin,
maka Allah membukakan (hijab/ilmu) untuknya dan mendapatkan karunia
ma'rifat billah, maka jadilah beliau Pembesar Ulama, Ahli ilmu bathin dan Dhohir.
semoga Allah merahmatinya.
ﻲﻌﻓﺎﯿﻟا لﺎﻗ : ذ ﺎﻨﯾور ﻲﻟو ﻦﻋ ﮫﻠﻟا ﻲﻟو ﻚﻟﺬﺑ ﻲﻧﺮﺒﺧﺄﻓ ﺔﺤﯿﺤﺼﻟا ﺪﯿﻧﺎﺳﻷﺎﺑ ﻚﻟ
ﺒﻜﻟا ﺦﯿﺸﻟا ﮫﻠﻟا ﻲﻟو ﻦﻋ ﮫﻠﻟا ﻲﻟو ﻦﻋ ﮫﻠﻟا ـ ﻦﺑ ﺪﻤﺣأ ﻦﯾﺪﻟا بﺎﮭﺷ ﺐﻄﻘﻟا ﺮﯿ
ﻲﻟذﺎﺸﻟا ﻖﻠﯿﻤﻟا ، ﺒﻜﻟا ﺦﯿﺸﻟا ﮫﺨﯿﺷ ﻦﻋ ـ ﻲﻟذﺎﺸﻟا تﻮﻗﺎﯾ ﮫﻠﻟﺎﺑ فرﺎﻌﻟا ﺮﯿ ، ﻦﻋ
ﺒﻜﻟا ﺦﯿﺸﻟا ﮫﺨﯿﺷ ـ ﺑأ ﮫﻠﻟﺎﺑ فرﺎﻌﻟا ﺮﯿ ـ ﻲﺳﺮﻤﻟا سﺎﺒﻌﻟا ﻲ ، ﺦﯿﺸﻟا ﮫﺨﯿﺷ ﻦﻋ
ا ﺒﻜﻟ ـ ﺑأ خﻮﯿﺸﻟا ﺦﯿﺷ ﺮﯿ ـ لﺎﻗ ﻢھزﺮﺣ ﻦﺑﻻ ًاﺮﺻﺎﻌﻣ نﺎﻛو ﻢﮭﺣاورأ ﮫﻠﻟا سﺪﻗ ﻲﻟذﺎﺸﻟا ﻦﺴﺤﻟا ﻲ : ﻮﺑأ ﺦﯿﺸﻟا لﺎﻗو
ﻲﻟذﺎﺸﻟا ﻦﺴﺤﻟا : ﻮﺑأ ﺦﯿﺸﻟا تﺎﻣ ﺪﻘﻟو
هﺮﮭﻇ ﻰﻠﻋ ﺮھﺎﻇ طﺎﯿﺴﻟا ﺮﺛأو تﺎﻣ مﻮﯾ ﮫﻠﻟا ﮫﻤﺣر ﻢھزﺮﺣ ﻦﺑا ﻦﺴﺤﻟا.
Dan Imam al-yafi'i berkata: telah meriwayatkan kepada kami cerita ini dengan
sanad yang sohih, dan telah mengabarkan kepadaku mengenai hal ini Wali Allah
dari Wali Allah dari Wali Allah Asy-syeikh Al-Kabir Al-Quthub Syihabuddin
Ahmad bin Al-maliiq Asy-Syadzili, dari gurunya Syaikh Kabir Al-Arif Billah Yaquut
Asy-Syadzili, dari gurunya As-Syaikh Al-Arif billah Abil Abbas Al-Mursiy, dari
gurunya As-Syaikh Kabir, gurunya para guru Abil Hasan Asy-Syadziliy: dan telah
meninggal Asy-Syaikh Abul Hasan ibnu Hirzihim Rahimahullah, sedangkan di
hari wafatnya bekas cambuk masih nampak dipunggungnya.
Sumber : ﺀﺎﯿﺣﻻا ﻞﺋﺎﻀﻔﺑ ﺀﺎﯿﺣﻷا ﻒﯾﺮﻌﺗ بﺎﺘﻛ.
Wallahu a’lam.
http://peparingbongkar-ajaranwahabi.blogspot.com/2012/11/kupas-tuntaspenyelewengan-kitab-ihya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar